Arsip

Central Control Traffic

and

Information Surakarta

- CCTIS

Dishubkominfo Surakarta Memiliki 48 CCTV

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta memasang 48 kamera. Selengkapnya !

Sepur kluthuk

Sepur Kluthuk Jaladara , Kereta api loko uap C 1218. kereta wisata dengan jalur sepanjang 5,6 km.

JADWAL dan PEMESANAN

Sekretariat
UPTD.PERPARKIRAN
TEKSAR
image

Teknik Sarana dan Prasarana

TERMINAL TIRTONADI
SOLO CAR FREE DAY

TIAP HARI MINGGU PUKUL 05.00 - 09.00, HARI BEBAS KENDARAAN BERMOTOR

Mahesa Lawung 2012

image

Mahesa lawung, ritual adat Keraton Kasunanan Surakarta untuk memohon keselamatan dan supaya terhindar dari segala macam mara bahaya, diselenggarakan pada Kamis (22/3). 

  
Tepat pukul 08.30 WIB, sesaji diarak menuju Sitihinggil dan didoakan dengan 3 tatacara dan bahasa, dengan bahasa Jawa, Arab dan tatacara agama Budha.
Prosesi ini menggunakan sesajen berupa kepala Kerbau dengan ubarampenya. Kerbau yang dikorbankan tak sembarang kerbau, kerbau disajikan masih perjaka alias belum pernah kawin dan belum pernah dipekerjakan.
Setelah prosesi doa selesai, kemudian dibawa ke Hutan Krendhawahana di Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar (14 Km Arah Utara Kota Solo).Tempat ini dulunya merupakan tempat hutan yang angker, pepatah mengatakan jalma moro jalmo mati.
Tempat yang merupakan tempat persemayaman Eyang Bathari Durga ini bila dilihat dari alam dimensi lain merupakan kerajaan dengan pemerintahan yang telah tertata rapi.
Pada masa perjuangan melawan penjajah tempat ini sering dijadikan persembunyian dan tempat menyusunkan strategi penyerangan terhadap penjajahan belanda.
Konon Pangeran Diponegoro dengan pihak Kraton Surakarta sering mengadakan perundingan di tempat ini dan setiap Belanda mengadakan pengejaran selalu tidak kembali.
Presiden pertama dan kedua kita kabarnya juga menyepi ditempat ini untuk urusan besar mengenai negara.

 

Mon, 26 Mar 2012 @18:16


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2019 DISHUBKOMINFO KOTA SURAKARTA · All Rights Reserved