Arsip

Central Control Traffic

and

Information Surakarta

- CCTIS

Dishubkominfo Surakarta Memiliki 48 CCTV

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta memasang 48 kamera. Selengkapnya !

Sepur kluthuk

Sepur Kluthuk Jaladara , Kereta api loko uap C 1218. kereta wisata dengan jalur sepanjang 5,6 km.

JADWAL dan PEMESANAN

Sekretariat
UPTD.PERPARKIRAN
TEKSAR
image

Teknik Sarana dan Prasarana

TERMINAL TIRTONADI
SOLO CAR FREE DAY

TIAP HARI MINGGU PUKUL 05.00 - 09.00, HARI BEBAS KENDARAAN BERMOTOR

'Dishubkominfo Surakarta Gelar Tes Kesehatan Sopir Bus'

image

Usai Melakukan Pemeriksaan Fisik Dan Adminitrasi Bus Di Terminal Tirtonadi, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta Melanjutkan Memeriksa Kesehatan Para Sopir. Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika (Dishubkominfo) Bekerjasama Dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Memeriksa Satu Per Satu Sopir Bus AKDP Maupun AKAP. Langkah Ini Dilakukan Guna Sopir Yang Mengalami Gejala Atau Sedang Sakit.

Kepala Bidang Teknik Sarana dan Prasarana Dishubkominfo Arif Handoko mengatakan, pemeriksaan kesehatan sopir tersebut untuk menunjang tingkat keselamatan penumpang. Sebab selaian kelaikan jalan kendaraan, faktor manusia juga dianggap berperan dalam keselamatan perjalanan. "Jika ditemukan sopir yang sedang sakit, maka akan dilarang untuk mengemudi. Sangat berbahaya mengemudi dalam keadaan sakit,"

  

"Kami kemarin sudah memeriksa fisik kendaraan. Sekarang giliran memeriksa kesehatan sopirnya. Jangan sampai ada sopir yang mengemudikan bus dalam keadaan sakit," katanya kemarin  (15/2/2012). 

sementara itu, Kasi Pelayanan Kesehatan DKK, Sigit Hermawan mengatakan pemeriksaan itu lebih menekankan pada dua hal.  Yakni pemeriksaan kandungan CO2 pada paru-paru sopir dan pemeriksaan tekanan darah. "Nanti akan diperiksa CO2 dengan alat khusus yang akan ditiup oleh sopir. Lalu dilanjutkan pemeriksaan tensi," ujarnya.



Jika memang yang bersangkutan memiliki tekanan darah tinggi maka akan langsung diberi obat. Namun jika terlalu tinggi maka diminta untuk dilakukan penggantian sopir. Sehingga sopir yang sakit dapat istirahat terlebih dahulu. Begitu juga dengan hasil pemeriksaan kandungan CO2-nya. "Jika memang tinggi, maka tim kesehatan akan mengimbau para sopir untuk mengurangi merokok," ujarnya.

selain memeriksa kesehatan para sopir, juga dilakukan kembali pemeriksaan fisik dan adminitrasi. Dari 79 bus yang diperiksa, setidaknya ditemukan 32 armada yang melakukan pelanggaran.

 

 

 

 

 

 

Fri, 17 Feb 2012 @08:06


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2019 DISHUBKOMINFO KOTA SURAKARTA · All Rights Reserved