Arsip

Central Control Traffic

and

Information Surakarta

- CCTIS

Dishubkominfo Surakarta Memiliki 48 CCTV

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta memasang 48 kamera. Selengkapnya !

Sepur kluthuk

Sepur Kluthuk Jaladara , Kereta api loko uap C 1218. kereta wisata dengan jalur sepanjang 5,6 km.

JADWAL dan PEMESANAN

Sekretariat
UPTD.PERPARKIRAN
TEKSAR
image

Teknik Sarana dan Prasarana

TERMINAL TIRTONADI
SOLO CAR FREE DAY

TIAP HARI MINGGU PUKUL 05.00 - 09.00, HARI BEBAS KENDARAAN BERMOTOR

Pemkot Solo Siapkan Jalur Intermoda

image

SOLO—Untuk merealisasikan pembangunan intermoda, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta tengah mempersiapkan jalan penghubung antara Terminal Tirtonadi dan Stasiun Solo Balapan. Dua alternatif sudah disiapkan yaitu jalan layang pejalan kaki dan jalan tembus perkampungan.

Namun, keduanya masih membutuhkan pertimbangan yang matang. Pasalnya, Pemkot tak ingin proyek tersebut merugikan hak milik warga. Karenanya, Walikota FX Hadi Rudyatmo sudah meminta adanya kajian yang detil terkait hal tersebut.
“Kami upayakan agar proyeknya nanti tak sampai mengintervensi lahan milik warga. Dari kajian sudah ada, jalur intermoda itu nanti akan berada di atas hunian penduduk.  Ini untuk menghindari risiko tersebut,” jelasnya, Sabtu (3/11).
 
Namun, diakui hal itu tak lantas menyelesaikan masalah. Problem baru muncul ketika jalur layang dibangun nantinya. Yaitu keberadaan tiang–tiang listrik milik PT PLN. Dia pun mengimbau perusahaan listrik tersebut membangun jaringan kabel bawah tanah.
“Sebenarnya bisa saja memasang jaringan dengan ground cable. Ini juga lebih ramah lingkungan, karena tak mengganggu tanaman yang tumbuh,” kata dia.
 
Kepala Dishubkominfo Yosca Herman Soedrajad membenarkan, pihaknya telah melakukan studi untuk rencana itu. Pembangunan sarana dan prasarana integrasi moda angkutan umum massal sebenarnya telah diamanatkan dalam Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2010-2015.
 
Pemerintah Pusat melalui Tim Wahana Tata Nugraha (WTN) juga merekomendasikan jalur penghubung, utamanya Stasiun Balapan dengan Terminal Tirtonadi. Saat ini, pengguna sarana transportasi umum dari stasiun menuju terminal dan sebaliknya dilayani jasa becak, ojek dan taksi. “Kalau ditanya kapan realisasi, kami belum berani menjawab. Itu karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Selain itu, saat ini kami masih konsentrasi untuk penyelesaian Terminal Tirtonadi yang baru,” kata dia.
 
Diakuinya, jarak antara Stasiun Solo Balapan dengan Terminal Tirtonadi sebenarnya tak terlalu jauh, hanya sekitar 300–500 meter. Tetapi jarak tersebut sudah tertutup dengan pemukiman dan pertokoan.
 
“Untuk perkiraan anggaran baru bisa ditentukan ketika sudah ada DED (Detail Engineering Design). Nantinya juga perlu pembahasan dengan PT KAI, karena sebagian lahan berada pada otoritasnya,” terang Herman.

Tue, 13 Nov 2012 @09:03


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+3+7

Copyright © 2018 DISHUBKOMINFO KOTA SURAKARTA · All Rights Reserved