Arsip

Central Control Traffic

and

Information Surakarta

- CCTIS

Dishubkominfo Surakarta Memiliki 48 CCTV

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta memasang 48 kamera. Selengkapnya !

Sepur kluthuk

Sepur Kluthuk Jaladara , Kereta api loko uap C 1218. kereta wisata dengan jalur sepanjang 5,6 km.

JADWAL dan PEMESANAN

Sekretariat
UPTD.PERPARKIRAN
TEKSAR
image

Teknik Sarana dan Prasarana

TERMINAL TIRTONADI
SOLO CAR FREE DAY

TIAP HARI MINGGU PUKUL 05.00 - 09.00, HARI BEBAS KENDARAAN BERMOTOR

Wamenhub Hadiri Peluncuran Perdana Railbus

image

 

Setelah menunggu lama, moda transportasi railbus Batara Kresna akhirnya beroperasi perdana pada Minggu (5/8/2012). Masyarakatpun antusias dan berbondong-bondong  ingin mencoba merasakan kenyamanan railbus.

 

Peluncuran railbus dilakukan oleh Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono dari stasiun Purwosari menuju stasiun Tugu Jogja. Sebelum berangkat, Wamenhub mengecek dan melihat kondisi railbus baik dari sisi desain maupun kenyamanan. Tak lupa Wamenhub juga menyempatkan diri berbincang dengan sejumah penumpang terkait kenyamanan railbus.
 

Ketika railbus mulai melesat ke Yogyakarta, Wamenhub tak duduk di kursi penumpang, melainkan memilih berada di ruang kabin, berdiri di samping masinis yang sibuk mengoperasikan railbus. Wamenhub tetap tak mau duduk dan memilih berdiri menikmati usai dari kabin.

"Sekarang dan seterusnya, masyarakat bisa menggunakan railbus untuk bepergian ke Jogja, Solo, maupun  Sukoharjo. Kami berharap railbus dapat meningkatkan perekonomian. Dan  juga bisa membantu warga bepergian saat arus mudik lebaran tahun ini,” terangnya.

 

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Ignasius Jonan mengatakan, setelah sekian lama tertunda akhirnya railbus bisa digunakan untuk melayani kebutuhan masyarakat. "Hari ini (Minggu) mulai beroperasi dan tiketnya sudah dijual ke masyarakat," jelasnya.
 

Rebus memiliki tiga gerbong. Untuk sementara, baru melayani rute Solo-Sukoharjo dua kali dalam sehari dan rute Solo-Yogyakarta sekali sehari. Di rencanakan pekan depan, masing-masing menjadi dua kali sehari.
 

Untuk tarif railbus sendiri, lanjut dia, Solo-Sukoharjo dipatok Rp 10 ribu dan Solo-Yogyakarta dijual Rp 20 ribu. Dengan beroperasinya railbus ini diharapkan akan mengisi jam kosong dari prambanan ekspres (prameks).
 

Sementara itu, Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto menambahkan,  railbus hanya berhenti di Stasiun Balapan, Stasiun Purwosari, Stasiun Sukoharjo, Stasiun Maguwo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Tugu.
 

Untuk jadwal keberangkatan dari Solo Balapan pukul 06.00 ke Purwosari, pukul 06.07 dari Purwosari menuju Sukoharjo. Kemudian, dari Sukoharjo pukul 7.45 menuju Purwosari. Sedangkan dari Purwosari tujuan Yogyakarta berangkat pukul 09.00. Dari Tugu, railbus diberangkatkan pukul14.15 menuju Purwosari. Lalu pukul 15.18 berangkat ke Sukoharjo. Dari Sukoharjo berangkat lagi menuju Purwosari pukul 16.44.

 

Tue, 7 Aug 2012 @15:34


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+3+7

Copyright © 2018 DISHUBKOMINFO KOTA SURAKARTA · All Rights Reserved